Thursday, June 27, 2013

Antivirus

Antivirus merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, menghapus virus dari komputer agar komputer tetap terlindungi dari virus sehingga kinerja komputer tetap stabil.
Karena virus dapat membahayakan dan dapat mencuri data-data pada komputer kita, maka kita perlu melindungi komputer kita dengan menggunakan antivirus. Ada banyak antivirus yang dapat digunakan, ada pula yang asli dan ada yang bajakan. Sangat disarankan untuk tidak memakai antivirus bajakan karena antivirus tersebut tidak mengupdate softwarenya.
Disarankan agar menggunakan antivirus yang asli, karena antivirus yang asli dapat melakukan update pada sistem antivirusnya. Proses update dilakukan agar virus baru yang tidak dikenali oleh antivirus kita dapat ditambahkan pada database antivirus kita sehingga dapat dikenali dan dapat dicegah sebelum masuk ke komputer kita.

Adapun teknik yang digunakan oleh antivirus untuk mengamankan komputer kita :
  • Basis data virus signature
    Dengan mencari tanda-tanda keberadaan virus, dengan menggunakan kode-kode virus yang telah dianalisa oleh pencipta antivirus sesuai dengan jenis, ukuran dan kemampuan untuk menghapus virus tersebut.
  • Cara melihat bagaimana virus itu bekerja
    Dengan adanya ketetapan yang telah diterapkan untuk mendeteksi keberadaan adanya suatu virus.
Perkembangan virus dapat dilihat dari beberapa aspek :
1. Aspek korban yang dijangkiti
2. Aspek kompleksitas virus
3. Aspek media penyebarannya
4. Aspek tujuan pembuatannya
5. Aspek volume atau jumlah

Adapun beberapa tips memilih antivirus yang baik dan benar :
1. Memiliki kemampuan mendeteksi malware yang baik
2. Memiliki fitur tambahan : firewall, internet control, apllication control, device control, dan
    lain-lain
3. Mempunyai update database
4. Dapat memperbaharui data yang terjangkit dan tidak asal menghapus data

Dengan mengetahui pentingnya peran antivirus pada komputer kita, maka kita harus memasangkan antivirus yang terudate pada komputer kita agar terhindar dari ancaman virus. Antivirus yang terupdate dapat mendeteksi virus yang baru yang tidak dapat terdeteksi sebelumnya. Dan juga kita harus menyempatkan waktu untuk sesekali menscan komputer kita guna mengecek keberadaan virus pada komputer kita.

No comments:

Post a Comment